-->

Cara Membuat Tulisan Mengikuti Objek Pada Coreldraw | Anakdeso.com



Assalamualaikum...
kembali lagi dengan Anak Deso yang mencoba berbagi ilmu seputar design graphics, khususnya CorelDRAW. Pastinya kalian yg mengikuti tutorial sudah pada tau, kemaren saya sudah membuat tutorial
Rekomendasi buat anda. Cek dibawah ini:



Atau jika belum tau bisa klik disini untuk mengulan tutorialnya.
Langsung saja ya..
Langkah pertama kita buat lembar kerja baru pada CorelDRAW / tekan ctrl + n pada keyboard dan tulis menggunakan Text Tool (F8). Disini agan terserah mau ketik apa atau mau sama seperti saya juga boleh.


Setelah itu agan buat lingkaran dengan Ellipse Tool (F7). Jangan lupa saan membuat lingkaran agan harus menekan tombol Ctrl pada keyboard agar hasil 100% melingkar atau bulat.


Setelah berhasil membuat lingkaran baru kita mulai exsekusi text tsb ("www.anakdeso.com" dan "tutorial CorelDRAW").
Klik Text Tool (F8) dan arahkan kursor ke Outline atau garis tepi pada lingkaran tersebut sampai keluar tulisan Edge.


 
perhatikan gambar kotak merah

Jika sudah keluar dan bentuknya sama seperti diatas baru agan bisa langsung klik di line atau garis tersebut. Nantinya akan tampil seperti dibawah ini.

setelah itu ketik www.anakdeso.com

Terus gimana caranya biar text tersebut bisa center atau posisi pas diatas dan diterngah? 
Baik... lanjut ya gan..
Klik terlebih dahulu Text www.anakdeso.com dan seret ke posisi atas dan atur posisi agar text tersebut berada ditengah. Untuk mengetahui posisi ditengah atau tidak kita bisa perhatikan gambar dibawah ini.


Perhatikan Gambar 1. Disitu saat saya geser text muncul garis Horizontal warna merah.  Itu tandanya tulisan tersebut sudah berada ditengah atau tepat pada arah jarum jam 12:00. Perhatikan simulasi dibawah ini.

titik koordinat

Dari gambar diatas kita mengetahui ada 4 garis yang warna merah. garis itu nantinya sebagai tanda bahwa text yang kita buat itu sudah ada di posisi center ( 3, 6, 9, 12 ).  Anggap saja sampai disini sudah paham ya.
Terus lanjut pengetikan text yang ke 2, langkah tersebut sama seperti pengetikan www.anakdeso.com. 

 

Terus kenapa kok tulisannya jadi terbalik?
Begini caranya... 
Klik 2 kali pada text "TUTORIAL CORELDRAW" lalu klik pada Mirror Text Horizontally dan setelah itu Mirror Text Vertically hasilnya seperti dibawah ini.

Perhatikan Gambar 3, Gambar 4 dan Gambar 5 diatas setelah di Mirror Text Horizontally dan Mirror Text Vertically.

Jika posisi Text sudah benar, tinggal kita atur jaraknya dengan menggunakan Shape Tool (F10). Caranya Klik 2 kali pada Text lalu klik Shape Tool (F10) lalu secara otomatis akan muncul 3 garis horizontal pada text dan geser simbol tersebut ke kanan. Seret sesuai kebutuhan saja. Ulangi langkah tersebut untuk text yang di atas. Perhatikan gambar dibawah ini.



Langkah selanjutnya atur posisi text, klik 1 kali pada text "TUTORIAL CORELDRAW" setelah itu klik 1 kali lagi hingga tampil titik X/poin center untuk digeser.

setelah itu tinggal dirapikan saja. Dan inilah hasilnya. 


Jika membutuhkan file CorelDRAW untuk pembelajaran. bisa cek disini
Rekomendasi buat anda. Cek dibawah ini:



Males download satu-satu?.....
Ane bantu copy gan. info lebih lanjut klik gambar di bawah

Jika ada pertanyaan. Tinggalkan comment dibawah dan jangan lupa like & shared ya.... Mksh

Baca juga