-->

Mengenal Fungsi Eyedropper pada CorelDraw | Anakdeso.com


Assalamualaikum Wr. Wb.

Pembahasan kali ini mengenai Fungsi Eyedropper pada CorelDraw. Di Coreldraw terdapat 2 Eyedropper dimana fungsi masih-masing tool ini berbeda tugasnya. Langsung saja ya..

Yang pertama Color Eyedropper berfungsi untuk mengambil sempel atau menduplikat warna pada suatu objek. Baik objek bentuk vector ataupun bentuk JPEG. Pada Color Eyedropper hanya bisa mengambil atau menduplikat satu persatu warna yang ada pada objek tersebut lalu di tempelkan pada objek baru.



Sebagai contoh disini saya punya 2 bentuk objek bulat dengan warna yang berbeda. Yang pertama objek bulat dengan warna gradasi kombinasi kuning dan merah dan yang ke dua warna putih polos.

Agar warna putih polos bisa sama dengan salah satu warna yang ada pada warna gradasi caranya.  Klik Color Eyedropper secara otomatis kursor akan berubah bentuk menjadi seperti pipet lalu arahkan ke objek gradasi dan pilih warna yang ada di objek gradasi tersebut. Disitu akan tampil kode warna CMYK/RGB tergantung dari warna awalnya dan klik pada warna yg di inginkan.



Setelah di klik nanti pipet akan berubah menjadi kaleng cat miring seperti akan tumpah dan klik ke objek baru. Secara otomatis objek baru tersebut akan berubah warna mengikuti warna yg pertama kita pilih.


Yang kedua Attributes Eyedropper  berfungsi untuk mengambil sempel atau menduplikat secara keseluruhan objek vector seperti isi, garis, ukuran , efek dan menerapkan ke objek lain.


Langkah ini hampir sama dengan Color Eyedropper hanya saja saat kita pilih Attributes Eyedropper  pada bagian atas tool bar terdapat opsi atau pilihan apa saja yang bakal kita duplikat.


Sebagai contoh saya pilih Drop Shadow karena objek yg nantinya kita pilih itu menggunakan efek bayangan jadi kelihatan timbul. Klik pada objek persegi lima dan kemudian klik ke objek baru.


Secara otomatis baik warna gradasi, garis tepi objek maupun bayangan akan terduplikat ke objek baru.

Nah itulah sedikit fungsi dari Color Eyedropper dan Attributes Eyedropper. Selamat mencobaya...
semoga makin jago design.

Nb: Contoh penggunaan Color Eyedropper pada objek bentuk foto.


Baca juga

Post a Comment